Kamis, 23 Desember 2010

amarah yang datang..

Ketika kemarahan itu terjadi, orangtua dan remaja biasanya akan saling menyalahkan. Orangtua marah kepada remaja ketika ia melakukan atau mengatakan sesuatu yang dianggap orangtua sebagai perilaku yang tidak bertanggung jawab. Begitupun sebaliknya, remaja marah kepada orangtua saat perilaku orangtua diangggap tidak adil atau mementingkan diri sendiri.

Sebagai orangtua, kita perlu belajar untuk mampu mengendalikan amarah. Jika kita tidak dapat mengendalikan amarah, usaha orangtua dalam melakukan pendampingan terhadap anak akan menjadi rusak. Seorang remaja yang sering menerima perlakuan kasar dari orangtua (marah), akan semakin sulit untuk mengingat lagi kebaikan, cinta, kasih sayang, dan pelayanan yang diberikan orangtua kepadanya, terutama ketika ia masih kecil. Pada umumnya, tidak banyak hal yang dapat diingat anak ketika ia kecil. Sebaliknya, anak yang sudah menginjak remaja biasanya akan merekam jelas segala tindakan yang dilakukan orangtua kepadanya. Jika orangtua sering marah dan bertindak tidak baik dalam bersikap maupun berucap kata, semua tindakan tersebut akan melekat di dalam pikirannya. Hal seperti itu tidak baik untuk pertumbuhan emosionalnya.

Hindarilah terjadi pertengkaran dengan remaja. Berikan arahan dan pengertian kepadanya melalui jalinan komunikasi yang lebih baik lagi. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, akan lebih mudah untuk menjadi ‘sehati’.
Menurut Gary Chapman (2007) ada beberapa hal penting dapat orangtua lakukan supaya terrhindar dari amarah:
1. Mengakui Kebenaran
2. Mengembangkan Strategi
3. Menganalisa Amarah dan Memperhatikan Opsi-opsi
4. Ajak Anggota Keluarga dalam Percakapan

Sebagai orangtua, marilah sama-sama untuk belajar mengendalikan amarah. Keliru dalam mengendalikan amarah, akan mengakibatkan efek negative (benci, dendam, sakit hati) kepada orangtua juga anak. Amarah dapat menjadi penyebab di balik retaknya hubungan antara orangtua dan remaja. (yer)
Posted by Yusi Elsiano Rosmansyah at 01:57 0 comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar